Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Setelah Berolahraga Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, terutama untuk kesehatan kulit Anda. Namun, alangkah baiknya jika Anda memaksimalkan manfaat ini sambil tetap merawat kulit sebelum dan sesudah berolahraga. Perawatan kulit apa yang perlu diketahui penggemar olahraga?

Perawatan kulit dianjurkan saat berolahraga

Tidak bisa dipungkiri, dengan berolahraga tubuh menjadi lebih sehat dan sering memberi efek baik pada kesehatan kulit. Ini dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Sel penuaan.

Studi tersebut mengatakan bahwa gerakan aerobik dan latihan resistensi dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit. Bahkan, semakin teratur berolahraga, semakin cerah kulit Anda, terutama pada wajah.

Namun, hasil yang memuaskan tentu tidak tercapai jika perawatan kulit selama latihan tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa tips merawat kulit yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah aktivitas fisik.

1. Kenakan tabir surya sebelum berolahraga

Salah satu tahapan perawatan kulit saat olahraga yang tidak boleh dilupakan adalah memakai tabir surya. Penggunaan tabir surya harus dilakukan saat berolahraga di gym atau di luar ruangan.

Ini karena ketika Anda berolahraga di gym, kemungkinan cahaya masuk melalui jendela cukup besar. Kemudian, kulit akan terkena sinar UV dan risiko percepatan penuaan dan kerusakan kulit.

Terlebih lagi, sinar matahari juga dapat menyebabkan jerawat karena kulit menjadi lebih kering. Pasalnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Coba gunakan tabir surya dengan SPF anti-keringat saat berolahraga. Secara umum, tabir surya khusus untuk olahraga tersedia di pasar dan memilih konten yang bebas minyak atau non-komedogenik. Jangan lupa oleskan tabir surya pada wajah, leher bagian depan dan belakang, serta dada.

2. Tidak perlu mencuci muka

Tahukah Anda bahwa Anda tidak perlu mencuci muka sebelum berolahraga selama kulit Anda bersih? Perawatan kulit selama olahraga yang satu ini mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Kebanyakan orang mungkin merasa lebih nyaman berolahraga setelah mencuci muka.

Berdasarkan Akademi Dermatologi Amerika, hapus riasan wajah dengan cairan pembersih dandan sebenarnya cukup tanpa mencuci muka. Bagi Anda yang menggunakan pelembab dengan konten yang cukup berat mungkin mempertimbangkan untuk meninggalkannya.

Beberapa pelembab memberikan penghalang pada kulit yang dapat mencegah penguapan air. Akibatnya, penyumbatan pori-pori dan penguapan keringat akan terjadi dan malah menyebabkan masalah bagi kulit saat berolahraga.

3. Usap keringat dengan handuk bersih

Selain menggunakan tabir surya, perawatan kulit lain yang perlu dilakukan saat berolahraga adalah jangan lupa menyeka keringat Anda dengan handuk bersih.

Saat tubuh berkeringat dari kulit, tepuk-tepuk handuk dengan lembut. Jika Anda menyeka keringat terlalu ketat, itu hanya akan membuat kulit lebih kasar.

Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan pakaian olahraga yang bersih. Penggunaan pakaian kotor bisa menyumbat pori-pori yang berasal dari sel kulit mati, bakteri, dan minyak. Akibatnya, jerawat di kulit tidak bisa dihindari.

4. Mandi setelah berolahraga

Mandi setelah berolahraga adalah tahap perawatan kulit yang harus dilakukan. Ini bertujuan untuk menyiram minyak dan bakteri yang menumpuk dan dapat menyebabkan jerawat.

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang ringan dan bebas minyak. Pembersih wajah seperti ini dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mencegah pori-pori tersumbat tanpa mengiritasi kulit.

Saat mandi, tidak perlu terlalu kencang saat menggosok kulit. Jika Anda tidak bisa mandi, coba ganti pakaian dengan pakaian bersih dan usap kulit dengan handuk bersih.

Setelah itu, jangan lupa menggunakan tabir surya lagi setelah mandi. Keringat yang dihasilkan saat berolahraga tentu bisa menghilangkan penyebaran tabir surya yang dulu dipakai.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Setelah Berolahraga

Tidak perlu mengaplikasikan tabir surya terlalu tebal. Anda hanya perlu tabir surya untuk melindungi sinar UV yang memasuki ruangan dan untuk meratakan warna kulit.

Jika beberapa metode perawatan kulit selama latihan di atas tidak berhasil dan memperburuk kondisi kulit Anda, segera konsultasikan dengan dokter kulit. Dengan demikian, Anda tahu apakah ada produk atau cara yang salah dan cara mengatasinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Silakan periksa halaman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih lanjut.