obat jerawat kunyit

Solopos.com, SOLO – Kandungan cineol pada minyak kayu putih dikatakan mampu mengobati jerawat.

Namun, benarkah demikian?

Apakah Anda ingin mendapatkan Rp. 2 miliar bantuan modal usaha? Baca ini!

Dokter Sarah Rizqia dalam artikel yang dipublikasikan di situs tersebut Alodokter.com Kata cineol dalam minyak kayu putih memang bisa bekerja sebagai antibakteri dan anti inflamasi.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Analisis Makanan dan Obat 2013 menyatakan bahwa cineol dalam minyak pohon teh bersifat antibakteri dan efektif membantu penyembuhan jerawat. Sebagai informasi, minyak pohon teh masih satu famili dengan kayu putih.

Dampak Hubungan Intim Suami dan Istri yang Jarang, Nomor 4 Betapa Mengerikan?

“Pada dasarnya penggunaan minyak kayu putih aman untuk kulit selama kulit tidak terluka dan tidak terbuka,” kata Sarah dalam keterangan tertulisnya.

minyak kayu putih
Ilustrasi minyak kayu putih (Freepik).

Meski demikian, Sarah Rizqia menjelaskan bahwa penggunaan minyak kayu putih untuk mengatasi jerawat masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Penyedap rasa alami untuk menggantikan MSG, sudah coba?

Mengatasi Jerawat dengan Makanan

Karena masih perlu penelitian lebih lanjut tentang penggunaan minyak kayu putih untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggantinya dengan bahan alami lainnya di bawah ini.

Tips Perawatan Wajah untuk Pria, Tidak Cuma Menggunakan Sabun Wajah

1. Salmon

Ikan salmon minyak kayu putih untuk jerawat (freepik)
Salmon (freepik)

Kandungan ikan salmon dikenal baik untuk itu kesehatan. Banyak penelitian menyebutkan makanan yang mengandung protein tinggi sangat membantu untuk menghilangkan jerawat.

Vitamin D pada ikan salmon memiliki sifat antimikroba yang bekerja melawan bakteri penyebab jerawat. Dan juga memiliki sifat anti inflamasi, seperti minyak kayu putih yang dapat meredakan gejala jerawat.

Mudah marah? Mari Kurangi Emosi dengan 6 Cara Seru Ini

2. Pepaya

Pepaya (Thinkstock)

Buah yang satu ini tidak hanya untuk melancarkan pencernaan. Tetapi sangat baik untuk menghilangkan bakteri kulit wajah sehingga efektif menghilangkan jerawat. Kandungan vitamin A, C dan potasium berguna untuk membuat kulit lebih cerah, lembut, serta mampu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Bisakah Musik Menurunkan Berat Badan? Begini caranya

3. Nasi merah

Ilustrasi beras merah. (Piktagram)
Ilustrasi beras merah. (Piktagram)

Kalau minyak kayu putih masih diragukan bisa mengobati jerawat, beda dengan beras merah. Vitamin B yang dimiliki beras merah dipercaya dapat mengurangi stres kulit dengan membantu kadar hormon dalam tubuh, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Tes Kepribadian: Dari 4 Wanita Ini, Mana Yang Akan Kamu Jadikan Teman?

4. Cokelat Hitam

minyak kayu putih untuk jerawat
Ilustrasi coklat. (Freepik)

Cokelat hitam atau coklat hitam ini efektif dalam menghilangkan jerawat. Cokelat ini mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat, menstimulasi sel kulit, dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Ternyata pisang bisa digunakan untuk perawatan kulit, bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Masker Lidah Buaya, Rahasia Awet Muda Yuni Shara

Tips Kecantikan Lainnya

Pasca Minyak Kayu Putih Untuk Menyembuhkan Jerawat, Mungkinkah? muncul pertama kali di Solopos.com.