PortalMadura.Com – Membahas perawatan wajah tidak akan pernah ada habisnya bagi wanita. Tidak sedikit iklan di televisi yang menawarkan berbagai produk kecantikan, hal ini menandakan bahwa perawatan telah meluas di semua kalangan.

Tak perlu perawatan mahal, buah-buahan ini selain bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh juga baik untuk merawat kulit wajah agar cerah alami tanpa efek samping.

Melaporkan dari halaman hellosehat.com, Selasa (8/9/2020). Berikut ini adalah buah-buahan yang dapat mencerahkan kulit wajah secara alami:

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya vitamin A, E, C, K, B6, B1, folat dan asam pantotenat. Selain itu, alpukat memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan DNA pada sel tubuh, termasuk mencegah kerusakan sel kulit.

Tak hanya itu, alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehat. Lemak sehat dalam alpukat ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan iritasi atau luka. Karenanya, alpukat merupakan buah yang sangat efektif membentuk kulit cerah alami.

Timun

Mentimun merupakan buah yang sangat encer. Karena kandungan air yang tinggi pada mentimun, hal ini memberikan efek menenangkan yang baik untuk tubuh. Ditambah mentimun memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat melindungi sel-sel tubuh.

Mentimun yang tidak dikupas sangat kaya vitamin K, C dan serat makanan yang dibutuhkan tubuh. Mentimun dianggap sebagai buah yang dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi kerutan. Karena efek ini, mentimun dapat membantu mencerahkan warna alami kulit.

Pepaya

Buah yang terkenal dengan khasiatnya untuk mencegah sembelit ini tidak hanya baik untuk pencernaan. Makan pepaya juga bisa membuat kulit Anda lebih besar bersinar tentu saja.

Pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, C, asam pantothenate, folat, tembaga, magnesium, demikian juga kalium.

Pepaya juga mengandung enzim yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan bersifat anti bakteri. Enzim ini adalah enzim papain, dan chymopapain.

Karena enzim inilah pepaya membuat pertahanan sel kulit lebih kuat dan tidak mudah rusak. Ditambah lagi, vitamin di dalamnya membantu mencerahkan wajah secara alami. Jadi pepaya merupakan buah yang sangat penting untuk mencerahkan kulit.

Mangga

Rasanya yang manis asam dengan tekstur yang lembut menjadikan mangga menjadi buah yang digandrungi banyak orang. Mangga merupakan buah yang kaya akan vitamin A, E, C, dan K.Tidak hanya itu saja, komponen antioksidan pada mangga sangat banyak. flavonoid, Beta karoten, dan xantofil.

Karena komponen tersebut, mangga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan DNA dan peradangan pada kulit. Karena kulit lebih terlindungi, kilau alami kulit akan terjaga sepanjang hari dengan mangga.

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, mangga kini semakin banyak digunakan dalam industri kosmetik dan perawatan kulit sebagai komponen dalam produk untuk kulit dan rambut.

apel

Pepatah makan apel sehari, bisa menghindarkan Anda dari penyakit, sebenarnya bukan rumor. Kandungan vitamin A, C, kalium, kalsium, dan magnesium Apel ini kekuatan utama Kombinasi vitamin A dan C ini juga bisa membantu mencerahkan warna kulit secara alami.

Buah dan kulit apel juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi sel tubuh, termasuk sel kulit. Kulit akan jauh lebih sehat dengan mengonsumsi apel secara rutin.

pisang

Siapa yang tak kenal buah kaya serat ini? Pisang merupakan buah yang juga kaya vitamin A, C, E, K, dan mineral seperti kalium, kalsium, Fosfor dan magnesium.

Semua vitamin dan mineral ini dibutuhkan untuk menjaga kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Namun tidak hanya itu, pisang dikenal sebagai pelembab alami yang memiliki sifat dan antioksidan antimikroba.

Karenanya, pisang dipercaya sebagai buah yang mampu membuat kulit bersinar secara alami alias bisa mencerahkan kulit tanpa repot.

lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki zat pemutih alami. Buah ini kaya vitamin C dan antioksidan kuatnya membantu mengeluarkan racun dan melindungi kulit hiperpigmentasi.

Jadi, jika ada pigmentasi yang tidak merata, flek hitam bekas jerawat lemon bisa menjadi solusinya. Anda bisa menggunakan lemon dalam minuman harian Anda untuk mendapatkan efek yang optimal. Dengan begitu, lemon akan mencerahkan kulit Anda secara alami.