Banyak jenis minyak yang dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit seseorang. Salah satunya sekarang semakin dikenal, yaitu minyak rosehip atau minyak rosehip. Apa itu minyak rosehip dan apa manfaat yang terkandung di dalamnya?

Berbagai manfaat minyak rosehip untuk kecantikan kulit

Minyak rosehip atau minyak biji rosehip diproses dari biji rosehip, yang merupakan tanaman yang sebagian besar ditanam di Chili. Dikutip dari Garis kesehatan, Minyak rosehip mengandung vitamin yang memberikan nutrisi kulit dan asam lemak esensial. Minyak rosehip juga mengandung fenol yang telah terbukti memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Bahan-bahan ini membuat minyak rosehip dapat berfungsi sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kulit. Berikut adalah berbagai manfaat minyak rosehip untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui.

1. Melembabkan kulit

Minyak rosehip mengandung banyak asam lemak esensial, termasuk asam linoleat dan asam linolenat, yang dapat membantu melembabkan dan melembabkan kulit. Karena itu, minyak rosehip bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, termasuk kulit sensitif yang cenderung gatal.

Mengoleskan minyak rosehip secara teratur setiap selesai mandi, dapat menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki kondisi kulit Anda yang kering akibat polusi atau bahan kimia.

2. Menghapus make up

Sebagai salah satu jenis minyak, minyak rosehip dapat digunakan untuk menghilangkan makeup. Faktanya, karena sifatnya yang melembabkan, menghilangkan riasan dengan minyak rosehip tidak akan mengeringkan kulit Anda. Karena itu, menghilangkan riasan dengan minyak rosehip cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif.

3. Mencerahkan kulit

Minyak rosehip mengandung vitamin A atau retinol yang dapat mendorong pergantian kulit. Selain itu, minyak rosehip juga mengandung vitamin C yang berguna untuk membantu regenerasi sel sehingga secara efektif dapat membuat kulit lebih bersinar.

Dengan bahan-bahan ini, minyak rosehip dapat digunakan untuk pengelupasan kulit, yang membantu mengurangi kulit kusam dan secara otomatis mencerahkan kulit Anda.

4. Mengencangkan kulit dan antipenuaan

Selain melembabkan dan mencerahkan, minyak rosehip juga memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam minyak rosehip membantu kulit memproduksi kolagen. Kolagen dibutuhkan oleh kulit untuk elastisitas atau kekencangan kulit. Alam yang dapat mengencangkan kulit membuat minyak rosehip digunakan oleh banyak orang untuk mengurangi penuaan pada kulit ataupenuaan.

Kandungan antioksidan dalam minyak rosehip telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi kerusakan akibat sinar matahari, seperti bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

Namun, untuk mengurangi paparan sinar matahari, tetap gunakan tabir surya untuk mendapatkan lebih banyak pengaruh dalam mencegah kerusakan dari paparan sinar matahari. Bicaralah dengan dokter kulit Anda tentang cara aman menggunakan tabir surya dan minyak rosehip bersama untuk perawatan kulit Anda.

5. Menghilangkan bekas luka dan garis-garis halus

Minyak rosehip telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka, mengurangi bekas luka dan menyamarkan garis-garis halus. Menurut sebuah studi tahun 2015, minyak rosehip telah terbukti mengurangi penampilan bekas luka dan meningkatkan perubahan warna kulit yang terkait dengan bekas luka.

Ini bisa terjadi karena minyak rosehip mengandung vitamin A dan C dan asam lemak yang merupakan bagian dari regenerasi sel-sel jaringan dan kulit.

6. Membantu menghilangkan stretch mark

Mirip dengan bekas luka dan garis-garis halus, minyak rosehip juga berguna untuk membantu menghilangkan stretch mark karena kehamilan. Kenneth Howe, seorang dokter kulit dari New York, mengatakan dalam sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang menggunakan krim yang mengandung minyak rosehip selama kehamilan cenderung tidak memiliki stretch mark. Sedangkan bagi mereka yang sudah memiliki stretch mark sebelumnya, cenderung tidak bertambah parah.

7. Mengurangi iritasi kulit eksim

Minyak rosehip kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat untuk membantu melawan peradangan. Eksim adalah kondisi kulit yang ditandai oleh peradangan, seperti iritasi kulit, gatal, dan kulit kering.

Dengan demikian, minyak rosehip dapat membantu mengurangi iritasi kulit eksim. Selain eksim, peradangan kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis, juga dapat dikurangi dengan menggunakan minyak rosehip.

8. Merawat kulit yang cenderung berjerawat

Minyak rosehip dapat dengan cepat menyerap ke dalam kulit sehingga tidak mungkin menyumbat pori-pori. Selain itu, minyak ini juga mengandung retinoid yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat. Karena itu, minyak rosehip juga bermanfaat dan cocok untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat.

Posting 8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit muncul pertama kali di Hello Sehat.