PortalMadura.Com – Tak hanya untuk diet, ternyata paprika memiliki banyak manfaat untuk wajah. Paprika (Capsicum annuum L.) merupakan tanaman penghasil buah yang rasanya manis dan agak pedas dari suku terong atau (Solanaceae).

Buah hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Mereka banyak mengandung vitamin dan antioksidan, yaitu vitamin A, B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalsium, seng, zat besi, kalium, magnesium, dan fosfor.

Nah, simak tujuh manfaat paprika untuk wajah Anda Merdeka.Com, Kamis (6/8/2020):

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Paprika Merah untuk Kesehatan Tubuh Anda

Mencerahkan Wajah

Paprika mengandung vitamin, zat besi, dan betakaroten yang mencegah timbulnya bintik-bintik di wajah, baik yang muncul akibat pengaruh sinar ultraviolet maupun bintik-bintik yang muncul akibat usia. Paprika akan memperbaiki kondisi kulit, dengan membatasi produksi melanin, yang dapat menggelapkan kulit.

Manfaat Anti Penuaan

Konten beta-karoten dalam paprika. Diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A sendiri sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. vitamin ini untuk mencegah keriput dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Membuat Kulit Bercahaya

Ternyata, paprika juga cocok untuk digunakan sebagai masker wajah, dengan mencampurkan satu sendok makan paprika dengan dua sendok makan madu. Oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Kandungan dalam paprika akan meratakan warna kulit Anda dan mengurangi kusam. Masker ini juga dapat membantu menghilangkan noda dan komedo, dan membuat kulit Anda lembut dan bercahaya.

Namun, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Karena tidak semua orang memiliki kulit yang dapat menahan konten capsaicim.dll (yang memberi rasa pedas pada cabai) pada paprika.

Mengobati Masalah Kulit

Sifat antibakteri pada paprika membuatnya efektif dalam pengobatan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. jerawat adalah salah satunya. Rajin konsumsi paprika akan membantu mencegah timbulnya jerawat.

Mengobati Varises

Paprika juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati varises, karena dapat memperkuat pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Mencegah Rambut Rontok

Paprika adalah sumber vitamin B6 yang membantu mencegah kerontokan rambut. Paprika juga mengandung zat besi yang memperlancar sirkulasi oksigen ke folikel rambut. Ini akan merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

Pertahankan warna rambut

Vitamin B6 pada paprika sangat erat kaitannya dengan produksi melanin, pigmen yang menentukan warna rambut. Paprika bubuk juga dapat digunakan untuk mewarnai rambut secara alami. Namun, sebelum menggunakannya pada kulit kepala Anda, disarankan untuk melakukan tes alergi di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

Ternyata banyak sekali manfaat paprika yang belum banyak diketahui orang. Yuk, konsumsi paprika untuk kesehatan wajah Anda.