6 Trik Mengatasi Rambut Rontok, Agar Tidak Semakin Parah

PortalMadura.Com – Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, hal ini membuat kita tidak nyaman karena rambut di kepala semakin menipis dan tentunya akan berakhir pada kebotakan. Rambut rontok yang Anda alami mungkin memiliki penyebab yang berbeda dengan orang lain.

Penyebab rambut rontok bisa karena perubahan hormonal, seperti penggunaan pil KB, ibu hamil, atau kondisi pascapersalinan. Rambut yang ditarik terlalu kencang, stres, gangguan tiroid, penuaan, serta efek samping obat dan kemoterapi juga bisa memicu kerontokan rambut. Serta infeksi jamur dan penyakit autoimun. Selain itu, penyebab umumnya adalah kurangnya asupan nutrisi, vitamin atau mineral tertentu.

Dilaporkan PortalMadura.Com dari halaman Stylo.Grid.Id, Selasa (20/10/2020), berikut ini trik mengatasi rambut rontok, agar tidak bertambah parah:

Memperhatikan Produk Perawatan Yang Akan Digunakan

Bagi Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut jenis ini, Anda perlu berhati-hati saat mencuci atau merawat rambut rontok. Cuci dan rawat rambut dengan lembut.

Seorang ahli rambut menganjurkan agar pemilik rambut rontok menggunakan sampo ringan yang dapat menjaga kelembapan alami rambut. Setelah menggunakan sampo, coba gunakan pelembab untuk mengurangi rambut rusak, ujung bercabang, dan rambut kusam.

Kurangi Penggunaan Alat Styling Rambut

Setelah melakukan perawatan rambut, disarankan untuk menggunakan handuk berserat mikro saat mengeringkan rambut. Sedapat mungkin hindari penggunaan pengering rambut.

Misalnya, jika harus, gunakan pengaturan panas terendah untuk mencegah kerusakan rambut. Selain itu, istirahatkan rambut Anda dari pemanasan dan bahan kimia berlebih seperti mengeriting, meluruskan, mewarnai, dan menggunakan sisir pemanas.

Istirahat Rambut

Agar lebih ringkas dan tidak mengganggu aktivitas Anda, mengikat rambut bisa menjadi solusi yang sering dilakukan. Namun, jika Anda melakukan pigtail, braid, twist, bun, atau menyisir rambut terlalu kencang berisiko menyebabkan kerusakan pada rambut sehingga rontok. Apa pun yang menarik rambut terlalu kuat dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Berhenti Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan peradangan di seluruh bagian tubuh. Selain itu, merokok dapat memperburuk kerontokan rambut. Jika Anda ingin mengatasi kerontokan rambut sekaligus menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, cobalah berhenti merokok.

Atur Diet Bergizi

Pola makan yang tidak sehat dan tidak seimbang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan nutrisi lengkap dan seimbang. Kekurangan zat besi, protein dan kalori dapat menyebabkan rambut rontok.

Perhatikan suplemen yang dikonsumsi

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen untuk mengatasi kerontokan rambut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, belum tentu penyebab kerontokan rambut ini dipicu oleh kurangnya salah satu nutrisi dalam suplemen tersebut. Konsumsi suplemen selenium, vitamin A, dan vitamin E yang berlebihan justru dapat menyebabkan kerontokan rambut semakin parah.

PortalMadura.com – Berita Madura Terbaru