PortalMadura.Com – Bunga Lavender adalah bunga yang berasal dari Laut Mediterania selatan ke Afrika Tropis dan timur ke India. Bunga ini banyak digunakan sebagai tanaman hias, bahan kuliner, dan ekstrak minyak atsiri untuk keperluan komersial.

Namun ternyata bunga ini tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman hias, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi masalah kulit. Pelaporan dari halaman Jawapos.com, Jumat (22/5/2020) berikut enam manfaat bunga lavender untuk mengatasi masalah kulit:

Obati Eksim

Lavender dapat meredakan gejala gatal pada kulit dan efek eksim yang menyebabkan kondisi kulit tidak nyaman. Selain itu, Lavender juga menenangkan iritasi pada kulit karena lavender dapat meningkatkan kelembaban dan meningkatkan proses penyembuhan.

Sebelum menggunakan lavender, ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter kulit atau spesialis kecantikan, sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda.

Sembuhkan Luka Bakar

Minyak lavender mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar. Selain itu, minyak lavender juga dapat mencegah infeksi, melawan gangguan jamur dan bakteri, dan merangsang proses penyembuhan. Jika Anda mengalami rasa sakit, maka menggunakan minyak lavender dapat meredakan rasa sakit.

Cara menggunakan minyak lavender untuk luka bakar, cukup oleskan minyak lavender ke kulit yang mengalami luka bakar, tetapi sebelum mengoleskan minyak lavender untuk mengompres luka dengan air dingin selama 10 menit.

Mengobati Jerawat

Sifat anti-inflamasi dan antiseptik minyak lavender dapat melawan bakteri penyebab jerawat tanpa menyumbat pori-pori kulit. Selain memerangi bakteri yang menyebabkan jerawat, minyak lavender juga dapat melindungi kulit dari iritasi, stres, dan menyeimbangkan kadar hormon.

Cara menggunakan minyak lavender ini pada jerawat Anda cukup dioleskan ke jerawat Anda menggunakan tangan atau kapas. Pastikan tangan Anda bersih dan kapas yang Anda gunakan juga bersih.

Meredakan Berjemur

Kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari, kemudian menggunakan minyak lavender berair ke permukaan kulit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan efek kemerahan akibat terbakar sinar matahari.

Sebelum mengoleskan minyak ini, bilas wajah Anda dengan air dingin. Selanjutnya, campur minyak kelapa dengan minyak lavender lalu oleskan ke wajah Anda.

Detoksifikasi Kulit

Jika Anda memiliki aktivitas berlebihan di luar rumah, maka wajah Anda akan rentan terhadap polusi. Kulit yang sering terpapar polusi akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan dini dan penampilan kasar.

Minyak lavender dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri kulit, sehingga mempercepat proses pembentukan sel-sel baru pada kulit wajah Anda.

Sebagai Toner

Manfaat terakhir dari minyak lavender dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyediakan sel-sel kulit dengan oksigen dan nutrisi, sehingga membuat kulit lebih kencang.

Cara mudah untuk membuat toner dari lavender adalah merebus 100 ml air dan menambahkan tunas lavender sehingga benar-benar terendam.

Selanjutnya, tutup mangkuk dan biarkan mendidih. Tunggu sampai dingin, masukkan ke dalam botol dan sebelum menggunakannya simpan di lemari es. Untuk mengoleskannya, cuci wajah Anda sampai bersih kemudian tuangkan air lavender pada kapas bersih, lalu usap secara merata ke wajah Anda.