PortalMadura.Com – Semua wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang bersih, putih, bahkan bebas dari jerawat. Karena itu, mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan ini. Mulai dari perawatan kecantikan di rumah dengan produk di pasaran hingga perawatan di salon.

Namun ada cara mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan pepaya sebagai masker alami yang bisa dioleskan pada wajah. Pepaya adalah buah tropis yang sering ditemukan. Buah ini kaya akan serat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rasa manis dan teksturnya lembut sehingga banyak orang menyukainya.

Buah pepaya sangat baik untuk kesehatan, selain itu buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Perlu Anda ketahui, pepaya matang sering digunakan sebagai masker wajah alami, dengan paduan bahan alami lainnya. Fungsinya untuk mengobati berbagai masalah kulit.

Cara menggunakan masker pepaya sesuai dengan jenis kulit yang Anda perlu coba di rumah, luncurkan dari halaman Liputan6.com Rabu (3/11/2020). Berikut ini prosedurnya:

Masker Pepaya dan Madu untuk Kulit Kering

Anda bisa menggunakan campuran masker pepaya dengan madu. Madu memiliki sifat menghidrasi untuk kulit, yang memiliki manfaat antimikroba dan terapeutik. Memadukan pepaya dengan madu berfungsi agar kulit tetap lembut, kenyal, dan halus.

Caranya, potong 1/2 cangkir pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil dan hancurkan. Kemudian tambahkan 2 sendok teh susu murni dan 1 sendok makan madu ke pepaya yang dihancurkan. Aduk sampai merata hingga membentuk pasta yang halus.

Selanjutnya, oleskan masker pada seluruh wajah dan leher, hindari mata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini 1-2 kali seminggu.

Masker Pepaya dan Jeruk untuk Kulit Berminyak

Kandungan vitamin C dalam jeruk dan pepaya sangat baik untuk kulit. Kandungan itu diyakini berfungsi sebagai zat alami untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Jeruk dan pepaya juga dianggap memiliki sifat mencerahkan kulit.

Cara membuat topeng ini, potong pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil. Peras 5-6 potong jeruk dan campur air dengan potongan pepaya. Aduk sampai pepaya hancur dan oleskan di wajah secara merata. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air. Gunakan topeng ini 2 kali seminggu.

Masker Pepaya dan Lemon untuk Kulit Jerawat

Lemon memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Vitamin C dalam jus lemon dapat membersihkan kulit yang menyumbat pori-pori. Vitamin C juga dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan photoaging.

Cara membuat topeng ini, Anda pertama kali memotong 1/2 cangkir pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil dan tumbuk. Kemudian tambahkan 1 sendok teh madu, air lemon dan aduk hingga merata.

Lalu, oleskan ke wajah sampai merata, setelah itu biarkan kering selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Gunakan topeng ini 3 hingga 4 kali sehari.

Masker Pepaya, Pisang, dan Mentimun untuk Kulit Normal

Mentimun yang berfungsi melembabkan dan menenangkan kulit. Bisa
menunjukkan efek memutihkan dan efek anti jerawat dengan mengurangi kelebihanebum. Sementara itu, pisang memiliki efek pelembab pada kulit. Tidak heran campuran buah pepaya, pisang dan mentimun digunakan sebagai masker.

Cara membuatnya, campur 1/4 cangkir potongan pepaya matang, 1/2 mentimun, dan 1/4 cangkir pisang matang. Blender hingga membentuk konsistensi pasta lunak.

Selanjutnya, oleskan pasta ini ke wajah dan leher, hindari daerah mata. Biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat terlebih dahulu, dan ikuti dengan bilas terakhir menggunakan air dingin. Gunakan topeng ini sekali setiap minggu.

Baca juga: Hilangkan Bintik-bintik Hitam pada Wajah dengan Konsumsi Kacang Secara Teratur

Masker dan Susu Pepaya untuk Kulit Kusam

Apakah Anda memiliki kulit kusam? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan masker alami dengan campuran pepaya dan susu. Karena susu memiliki sifat pengelupasan dan pembersihan ringan yang terkait dengan kandungan asam laktatnya.

Caranya, hancurkan 3-4 potong pepaya matang dan campur dengan susu untuk membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta secara merata ke wajah dan leher, hindari daerah mata. Biarkan mengering selama 15-20 menit dan kemudian bilas sampai bersih.

Ingat, jika Anda alergi terhadap susu, Anda tidak perlu menggunakan masker ini. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan satu sendok madu ke masker ini.

Masker Pepaya untuk Kulit Berpori Besar

Kandungan zat astringen dalam putih telur bisa mengecilkan pori-pori. Putih telur juga mengandung albumin yang bisa mengencangkan kulit kendur. Saat dioleskan ke wajah Anda, kulit akan terasa kencang dan pori-pori akan terlihat tertutup.

Caranya, tumbuk 1/2 cangkir potongan pepaya yang sudah matang. Kocok putih telur sampai berbusa. Lalu campur keduanya dan oleskan pada wajah dan leher. Biarkan masker mengering lalu bilas dengan air bersih. Gunakan topeng ini seminggu sekali. Semoga bermanfaat!

Posting 6 Manfaat dan Cara Membuat Masker Pepaya Menurut Jenis Kulit muncul pertama di PortalMadura.com.