PortalMadura.Com – Sejak zaman kuno, manfaat belerang tidak perlu diragukan. Selain bermanfaat di bidang kesehatan, belerang yang memiliki aroma tidak sedap juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan.

Perlu diingat, sulfur itu adalah bahan kimia yang termasuk dalam unsur-unsur nonlogam yang tidak memiliki rasa tetapi memiliki aroma yang khas. Belerang ditemukan di berbagai daerah pegunungan di Indonesia seperti Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat dan Dieng Jawa Tengah.

Nah, untuk mendapatkan manfaat belerang sebagai perawatan kecantikan kulit, belerang biasanya dibuat menjadi lotion, krim, bedak, masker atau sabun. Manfaat belerang bagi kulit adalah karena adanya zat anti bakteri dan antiinflamasi yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Berikut ini enam manfaat belerang untuk perawatan kecantikan kulit, dilansir dari laman tersebut Liputan6.com, Minggu (15/3/2020):

Mengatasi Jerawat

Manfaat belerang untuk kulit selanjutnya bisa mengobati jerawat. Selain menyebabkan rasa sakit dan gatal, jerawat juga mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Belerang adalah salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Ini karena belerang mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengembalikan kulit yang memiliki bekas jerawat.

Hapus sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati dapat membuat wajah kusam, untuk itu sel harus segera dibersihkan. Penggunaan belerang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Ini karena belerang memiliki sifat keratolitik yang mampu membersihkan sel kulit mati.

Bersihkan Kotoran di Pori-Pori

Manfaat belerang untuk kulit juga bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori kulit. Penggunaan belerang pada kulit akan membuat bakteri di dalam pori-pori ditarik keluar. Selain itu, minyak di wajah yang menyumbat pori-pori juga bisa dibersihkan.

Mengatasi Penyakit Rosacea

Belerang juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit rosacea. Penyakit ini memiliki gejala kemerahan pada wajah yang disebabkan oleh bakteri dan peradangan. Penggunaan belerang pada wajah penyakit ini dapat meredakan peradangan yang terjadi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat belerang juga bisa membuat kulit berkerut kencang lagi bahkan lebih halus. Penggunaan masker sulfur juga diyakini bisa menghilangkan bintik-bintik penuaan dan mata panda.

Baca juga: Belerang Bisa Sembuhkan Jerawat, Benarkah?

Mengurangi ketombe

Selain manfaat belerang untuk kulit wajah, belerang juga bisa dirasakan untuk menyembuhkan masalah kulit kepala, seperti ketombe. Belerang dapat mengelupas kulit rambut secara teratur sehingga menghilangkan ketombe di rambut.

Untuk menggunakan belerang sebagai perawatan kecantikan, Anda bisa mencampurkannya ke dalam masker, caranya adalah:

1. Siapkan sekitar 2 hingga 3 sendok belerang dari belerang yang telah dihancurkan.

2. Beri sedikit air.

3. Aduk belerang sampai tercampur rata dengan air dan bertekstur seperti pasta.

4. Setelah menyerupai pasta, belerang siap digunakan untuk masker.

5. Sebelum mengoleskan masker sulfur pada wajah, pastikan wajah bersih. Lalu oleskan ke wajah secara merata. Masker belerang juga dapat ditambahkan dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, dan air mawar. Semoga berhasil!

Posting 6 Manfaat Sulphur untuk Kecantikan Perawatan Kulit muncul pertama kali di PortalMadura.com.