PortalMadura.Com – Komedo meluncur karena kotoran yang tersumbat di pori-pori wajah Anda. Komedo berbeda dari jerawat, ini bisa dilihat dari kedalamannya. Posisi jerawat akan lebih dalam dari komedo. Bagi Anda yang memiliki komedo di daerah hidung, ini tentu akan mengganggu penampilan Anda.

Berbagai metode digunakan untuk menghilangkan komedo, tetapi Anda sadar ini bisa menjadi cara yang akan menyebabkan komedo muncul dan bahkan terus muncul. Pelaporan dari halaman Parenting.orami.co.id, Kamis (28/5/2020) kebiasaan buruk yang akan menyebabkan komedo

Memegang Wajah dan Meremas Komedo

Tanpa Anda sadari ternyata kebiasaan memegang wajah bisa menjadi penyebab utama munculnya komedo. Bahkan jika Anda memiliki kebiasaan menekan komedo dengan kuku Anda, ini akan semakin memperburuk kondisi kulit Anda yang menghitam.

Kuku Anda yang tidak bersih dapat menyebabkan komedo meningkat. Ini dapat memindahkan bakteri, kotoran, dan debu dari kuku ke kulit wajah Anda.

Hindari kebiasaan meremas komedo dan jika ingin membersihkan kulit wajah, sebaiknya gunakan tisu bersih.

Mencuci Wajah Anda Terlalu Sering dan Berlebihan

Jika Anda berpikir mencuci muka setiap saat dapat membantu membersihkan wajah dengan benar, ini sebenarnya kebiasaan yang kurang tepat.

Anda yang sering mencuci muka justru akan menimbulkan masalah pada kulit wajah Anda. Mencuci wajah terlalu sering justru akan membuat kulit wajah Anda kering, mudah menua, dan rentan terhadap iritasi yang akan menyebabkan munculnya komedo.

Konsumsi makanan

Anda menyukai makanan yang tinggi lemak, jadi mulai sekarang kurangi kebiasaan ini. Selain baik untuk kesehatan, mengurangi konsumsi makanan berlemak juga baik untuk kecantikan.

Makanan seperti susu, gula, lemak tinggi dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan komedo dan bahkan jerawat. Makan makanan ini secara alami tidak terlalu banyak dan seimbang dengan makanan yang mengandung serat tinggi.

Dandan

Riasan wajah bisa menjadi penyebab munculnya komedo di permukaan wajah Anda. Ini terjadi karena kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah. Pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Menggunakan kosmetik secara berlebihan atau tebal dapat menyumbat pori-pori sehingga pori-pori akan membesar. Ini menyebabkan kotoran dan minyak menumpuk. Bersihkan wajah Anda setelah menggunakan riasan sehingga sisa riasan tidak memicu munculnya komedo.

Terkena Matahari

Aktivitas Anda yang sering berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung dapat merusak produksi kolagen dan elastin di wajah Anda. Sehingga kulit menjadi lebih kendur dan menua.

Paparan sinar matahari tidak hanya menyebabkan kulit menjadi keriput, tetapi juga komedo akan muncul karena pori-pori wajah membesar.