Kulit lengan yang kering bisa diobati dengan lotion. Namun, bagaimana cara mengatasi jari kering? Terkadang kita hanya memperhatikan permukaan tangan saja, tapi kesehatan kulit sela-sela jari juga penting, lho.

Mengatasi kekeringan di sela-sela jari

Tangan kering, masalah umum yang sering terjadi pada orang kantoran. Bekerja di ruangan bersuhu dingin juga menjadi masalah yang tak terhindarkan.

Selain itu, seringnya mencuci tangan, terpapar bahan kimia, dan kondisi medis tertentu dapat mengeringkan kulit tangan. Kulit kering jika dibiarkan pecah-pecah.

Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan dan kelembapan, ketahui dulu cara mengatasi kulit kering di sela-sela jari tangan.

1. Gunakan pelembab

Tidak hanya lengan, tangan dan sela-sela jari membutuhkan pelembab sebagai cara mengatasi kulit kering. Anda bisa menggunakan lotion atau krim untuk mengembalikan kelembapan pada kulit.

Gunakan beberapa kali sehari jika Anda merasa kulit di antara jari-jari dan tangan Anda semakin kering.

Kulit kering merupakan pertanda ia membutuhkan asupan air untuk menghidrasi dirinya. Pilih pelembab dengan kandungan emollient yang dapat melembutkan, melindungi, dan menjaga kekenyalan kulit.

2. Gunakan sarung tangan

Jika Anda sering mencuci piring atau pakaian secara manual, gunakan sarung tangan khusus jika memungkinkan. Sepasang sarung tangan ini siap mencegah Anda menyerang kulit kering di sela-sela jari dan permukaan tangan Anda.

3. Pengobatan di malam hari

Selain wajah, kulit tangan dan sela-sela jari juga butuh perawatan. Gunakan salep berbahan dasar petroleum jelly untuk melembabkan. Oleskan secara merata untuk mengatasi tangan kering dan sela-sela jari. Setelah itu, bungkus tangan Anda dengan sarung tangan atau kaus kaki kain.

Cara ini membantu penyerapan kelembapan dalam semalam. Kulit akan menjadi lembut saat Anda bangun keesokan harinya. Coba cara ini saat kulit tangan dan sela-sela jari sudah kering.

4. Oleskan krim hidrokortison

Beberapa kasus kulit kering mengembangkan kondisi dermatitis. Kondisi ini membuat kulit sela-sela jari menjadi merah dan meradang. Jika Anda menemukan kondisi ini di antara jari-jari Anda, coba oleskan lotion atau krim yang mengandungnya hidrokortison.

Kandungan hidrokortison dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi, gatal, dan bengkak. Dalam hal ini, krim dengan ramuan tersebut dapat mengobati kulit kering di sela-sela jari dengan perkembangan gejala dermatitis.

5. Pasang humidifier

Install pelembab dapat membantu melembabkan kulit Anda, termasuk permukaan tangan dan sela-sela jari Anda. Pelembab pas di meja atau kamar tidur Anda.

Install pelembab dapat secara efektif merawat dan mencegah kulit kering secara keseluruhan, termasuk sela-sela jari Anda. Namun jangan lupa perawatan dan kebersihannya pelembab agar bakteri atau jamur tidak keluar saat alat dihidupkan.

Mencegah kulit kering di sela-sela jari

pelembab untuk kulit kering

Nah, cara-cara di atas bisa Anda terapkan untuk merawat kulit kering. Apalagi bagi Anda yang bekerja di ruangan ber-AC, tangan dan jari Anda akan lebih mudah kering.

Setelah mengatasi kulit kering di sela-sela jari, kini saatnya Anda perlu mengetahui cara mengatasi kulit kering. Selalu simpan losion kecil di tas Anda, cukup di dalam botol kecil. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kelembapan di antara jari-jari Anda.

Healtline merekomendasikan lotion yang dapat menjaga kelembapan kulit:

  • Gliserin
  • Minyak jojoba
  • Mentega kakao
  • Lidah buaya

Saat mencuci tangan, Anda bisa menggunakan sabun lembut. Cuci tangan Anda dengan air suhu ruangan, bukan air panas.

Kemudian keringkan tangan Anda dengan menepuknya. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan lotion untuk menggelapkan tangan dan sela-sela jari Anda. Ingat, kelembapan yang terjaga juga menjaga kesehatan kulit.

Postingan 5 Cara Mengatasi Jari Kering yang muncul pertama kali di Hello Sehat.